Doa Niat Zakat Fitrah

Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umah islam diseluruh dunia, pada bulan ramadhan kita bisa menjalankan ibadah dengan pahala yang lebih besar dibandingkan jika dilaksanakan pada bulan lain.

Selain ibadah puasa, ibadah yang bisa kita lakukan pada bulan ramadhan adalah Ibadah zakat, menunaikan zakat memiliki sifat wajib bagi mereka yang mampu, dan bagi yang tidak mampu maka hukumnya wajib diberikan zakat.

Ibadah zakat bisa dilakukan oleh seluruh umat islam, baik laki-laki maupun perempuan. oleh karena itu penting bagi kita sebagai umat islam untuk mengetahui doa niat zakat fitrah baik untuk diri sendiri, keluarga maupun menjadi wakil dari orang lain.

Sudah disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat ke 43, Al-Quran menyebutkan bahwa :

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah [2]: 43).

Umat islam yang memiliki kewajiban untuk membayarkan zakat adalah mereka yang memenuhi kriteria sebagai berikut.

  1. Orang yang beragama islam
  2. Manusia merdeka, dalam artian bukan seorang budak dan hamba sahaya
  3. Memiliki persediaan makanan pokok untuk kebutuhan idul fitri baik siang dalam malam hari.

Untuk besaran zakat yang wajib dibayarkan sendiri adalah seperti bahan pokok makanan beras dan gandum dengan berat 2,7Kg – 3 Kg. Zakat tersebut wajib diberikan kepada mereka yang memenuhi kriteria sebagai penerima zakat atau biasa disebut dengan mustahiq yang sudah ditentukan dalam islam.

Yang termasuk mustahiq disini adalah seperti Fakir, Miskin, Petugas Zakat, Muallaf, Budak, Orang yang terlilit utang, orang yang sedang dalam perjalanan, anak yatim, dan janda yang memiliki anak yatim.

Nah bagi kalian yang sedang mencari atau belum mengetahui bacaan doa dari niat zakat fitrah, disini saya akan bagikan bacaan doa dari zakat fitrah yang bisa kalian baca dalam huruf arab maupun huruf latin, tersedia juga untuk versi ebook yang bisa kalian cetak untuk disimpan.

Berikut adalah doa niat zakat fitrah :

  1. Doa niat zakat fitrah untuk diri sendiri
  2. Doa niat zakat fitrah untuk istri (bagi yang sudah menikah)
  3. Doa niat zakat fitrah untuk anak laki-laki
  4. Doa niat zakat fitrah untuk anak perempuan
  5. Doa niat zakat fitrah untuk satu keluarga
  6. Doa niat zakat fitrah untuk orang lain (perwakilan)

Itulah beberapa doa niat zakat fitrah yang bisa kalian pelajari atau hafalkan, karena cepat atau lambat doa ini akan tetap berguna bagi kehidupan kita kedepanya, misalkan ketika kita sudah memiliki istri dan anak, maka kita sebagai suami wajib membacakan niat doa tersebut untuk mereka, dengan adanya artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk keperluan lebaran kalian.

Leave a Reply